Multimedia

Tugas : Pak I wayan

Soal :
1. Textbook, berikan URL lengkap sampai ke file (min.2)
2. Slide presentasi (.ppt) min.2
3. Artikel di jurnal atau proseding (min.4)
4. Contoh Kasus dan Solusi tentang Pemrograman Multimedia


Jawaban :
1. Textbook, berikan URL lengkap sampai ke file (min.2)
url :
http://msigidhrd.files.wordpress.com/2008/06/modul-07-pemanfaatan-multimedia-dalam-pembelajaran.pdf

http://5160926649993807590-a-1802744773732722657-s-sites.googlegroups.com/site/mylecture/IntroductionMultimedia.pdf?attachauth=ANoY7cpQfme4zkXpYbdtoSRAX6yrWBCXfOJZ9T2V5bAEJkQBBRXi-07kIrVcwslSRHziQSc7xNUAInS_sF43LeAoZ2ucBptJpjoZ8pqbBjMl9gKlV3DVzpf0Ow_7JbZVvUiOE1juxG2foOL1v1r-TpwKVYBAmE5igE2NXc2aSTA0VTC8QFd4FLLPMourKhmBHqxisjDnfH3DYpxu8zHU3nC-Sf_c3A_xyA%3D%3D&attredirects=0

http://www.dinus.ac.id/download/romi-multmedia-udinus-1desember2007.pdf

http://gmm.fsksm.utm.my/~sca3103/cgi-bin/bahan_kuliah/anita/Bab%201%20-%20Pengenalan%20MM.pdf

http://lecturer.ukdw.ac.id/anton/download/multimedia4.pdf

http://lecturer.ukdw.ac.id/anton/download/multimedia1.pdf

http://imam_muiz.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/7623/01+Tinjauan+Singkat+Mengenai+Multimedia.pdf

http://elista.akprind.ac.id/upload/files/9055_01-Pengantar_MULTIMEDIA.pdf

http://p3m.amikom.ac.id/p3m/dasi/maret08/07%20-%20AMIKOM_Yogyakarta_MULTIMEDIA%20DATABASE.pdf

http://hasan.staff.uad.ac.id/new/attachments/052_Temu1-konsep-multimedia.pdf



2. Slide presentasi (.ppt) min.2
url :

• http://eri.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/5145/objekmulti.ppt

• http://elista.akprind.ac.id/staff/catur/SIJK/2009/00-Pendahuluan.ppt

3. Artikel di jurnal atau proseding (min.4)
URL:

. http://v3.juhara.com/id/artikel/pemrograman-multimedia

• http://rosni-gj.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/9629/multimedia+def.doc

• http://id.wikipedia.org/wiki/Multimedia

• http://www.masaguz.com/search/Jurnal+UI


4. Contoh Kasus dan Solusi tentang Pemrograman Multimedia

Download vs Streaming
Pada prinsipnya ada dua metode penyampaian content multimedia ke client, yaitu streaming dan download. Setiap metode memiliki keuntungan dan kerugian masing-masing. Pemilihannya bergantung pada bandwidth jaringan yang digunakan, karakteristik content dan bagaimana content dipresentasikan. Dalam metode download, content ditempatkan pada suatu server misalnya web server. Client kemudian mendownload seluruh file dan menyimpannya dalam harddisk lokal, dan menggunakan media player yang tepat untuk menampilkan aplikasi multimedia tersebut. Keuntungan metode ini adalah content disimpan pada harddisk lokal, sehingga dapat dimainkan kapan pun tanpa harus koneksi ke jaringan. Selain itu, kualitas content tidak bergantung pada kondisi jaringan. Sedangkan kerugiannya adalah download memerlukan waktu dan tempat penyimpanan pada harddisk lokal. Ini akan sangat menyulitkan apabila content yang didownload memiliki kapasitas besar yang memakan tempat yang besar pada harddisk.
Berbeda dengan metode download, pada metode streaming client mempresentasikan content yang datang dari jaringan secara langsung tanpa mendownload seluruh content terlebih dahulu. Content streaming pada dasarnya tidak pernah didownload, paket-paket content dipresentasikan ketika datang kemudian dibuang. Metode ini sangat cocok untuk memainkan presentasi yang memiliki durasi content yang tidak terbatas waktunya (memakan waktu yang sangat panjang), misalnya untuk acara yang sifatnya live (siaran langsung) seperti radio dan TV on demand. Video streaming adalah salah satu aplikasi yang dapat diimplementasikan dengan cara ini. Pada metode ini, client tidak memiliki salinan dari content tersebut. Kerugian metode ini adalah kualitas presentasinya sangat bergantung pada kondisi bandwidth jaringan. Kondisi jaringan yang buruk dan fluktuasi bandwidth akan menghasilkan gangguan yang sangat berarti pada kualitas presentasi. Namun, kerugian ini telah diatasi dengan hadirnya teknologi 3G yang mampu menyalurkan data berkapasitas besar dengan cepat.

Read Users' Comments (0)

0 Response to "Multimedia"

Posting Komentar